Tips and Triks

Cara Memperbaiki Error Establishing a Database Connection di WordPress

Saat ingin mencari sesuatu di internet kadang kadang kita menemukan website yang membahas tentang informasi yang kita cari. Namun terkadang ketika ketika membuka website tersebut ternyata website sedang mengalami error. Untuk web berbasis wordpress trouble yang sering dialami biasanya adalah Error Establishing a Database Connection yang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Sebagai seorang pengguna yang masih belajar menggunakan wordpress hal ini bisa bikin pusing tujuh keliling. Dalam artikel di deadislandfans ini kami ingin membahas bagaimana mengatasi Error Establishing a Database Connection dengan merangkum beberapa solusi yang mungkin bisa dilakukan.

Catatan : Sebelum melakukan perubahan database sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Mengapa Error Establishing a Database Connection bisa terjadi?

Error ini biasanya terjadi karena WordPress tidak dapat terhubung dengan database. Penyebab koneksi database bermasalah ada banyak hal yang menyebabkannya. Bisa jadi data login ke database anda salah atau telah diubah, atau bisa juga karena server database Anda tidak responsif, atau mungkin juga database anda rusak/korup, atau bisa juga mysql anda mati. Dalam beberapa kasus yang sering dialami, sebagian besar error ini terjadi karena semacam kesalahan server namun tidak menutup kemungkinan adanya faktor lain juga.

Apakah masalah terjadi pada /wp-admin/ juga?

Hal pertama yang perlu anda pastikan adalah apakah error juga terjadi pada /wp-admin/ juga. Jika pesan “Error establishing a database connection” juga muncul pada , lanjutkan ke langkah berikutnya. Jika terpadat pesan eror yang berbeda pada /wp-admin misalnya “One or more database tables are unavailable. The database may need to be repaired” maka langkah yang perlu anda lakukan adalah memperbaiki database anda.

Anda dapat menambahkan baris kode berikut di file wp-config.php Anda. Tambahkan kode di bawah ini sebelum tulisan “That’s all, stop editing! Happy blogging” pada file wp-config.php.

define('WP_ALLOW_REPAIR', true);

Setelah Anda selesai melakukannya, Anda dapat melihat pengaturannya dengan mengunjungi halaman ini:
http://www.domainkamu.com/wp-admin/maint/repair.php.
Memperbaiki database wordpress yang rusak
Untuk melalukan ini user tidak perlu login ke /wp-admin/, karena memang tujuannya adalah memperbaiki database yang rusak atau korup, jika database rusak kadang user memang tidak bisa login ke wordpress. Namun setelah proses perbaikan database telah selesai dan anda pastikan wordpress sudah tidak bermasalah lagi, jangan lupa untuk menghapus baris kode tersebut. Namun jika langkah diatas tidakn bisa mengatasi masalah anda, anda bisa menggunakan langkah-langkah lain di lanjutan artikel ini.

Cek File WP-Config

WP-config.php merupakah salah satu file penting dalam installasi WordPress. Di File ini terdapat rincian untuk koneksi antara wordpress dan database Anda. Jika Anda mengubah kata sandi root Anda, atau kata sandi pengguna database, maka Anda juga perlu mengubah file ini. Hal pertama yang harus selalu Anda periksa adalah apakah semua file wp-config.php Anda sudah sesuai.

define('DB_NAME', 'database-name');
define('DB_USER', 'database-username');
define('DB_PASSWORD', 'database-password');
define('DB_HOST', 'localhost');

Ingat nilai DB_Host Anda mungkin tidak selalu localhost. Tergantung pada hosting yang anda gunakan, beberapa penyedia hosting menggunakan nilai lain untuk DB_HOST.

Beberapa orang menyarankan untuk memperbaiki masalah itu dengan mengganti localhost dengan IP. Maslaah tersebut sering dialami ketika menjalankan WordPress di lokal server. Misalnya pada MAMP, nilai DB_Host ketika diubah ke IP mungkin akan beekerja dengan baik.

define('DB_HOST', '127.0.0.1:xxx');

Jika semua yang ada di file ini sudah benar (pastikan bahwa tidak ada salah ketik/typo), maka kemungkinan besar problem/error memang ada pada sisi server.

Cek Web Host Anda (MySQL Server).

Sering kali anda mengalami “Error establishing database connection” ketika website anda dibanjiri pengunjung, hal ini terjadi karena server anda tidak mampu menampung beban (biasanya terjadi ketika anda menggunakan shared hosting). Beban server yang terlalu besar biasanya akan menyebabkan website menjadi sangat lambat bahkan beberapa penggunakan akan mendapatkan pesan error. Jadi hal terbaik yang harus Anda lakukan adalah menghubungi pihak penyedia hosting Anda dan tanyakan apakah server MySQL Anda responsif.

User juga bisa menguji apakah server MySQL berjalan dengan baik, Anda dapat melakukan beberapa hal. Cek situs lain di server yang sama untuk melihat web tersebut juga mengalami masalah atau tidak. Jika mereka juga muncul error yang sama, bisa dipastika ada yang salah dengan MySQL server Anda. Jika web tersebut hanya satu satunya website yang ada di server anda coba buka cPanel anda dan Akses PHPMyAdmin dan koneksikan ke database.
Jika Anda dapat terhubung, maka anda perlu memverifikasi apakah pengguna database Anda memiliki izin yang cukup. Caranya buat file baru bernama testconnection.php dan masukkan kode berikut di dalamnya:

 <?php 
$link = mysql_connect('localhost', 'root', 'password');
if (!$link) {
die('Could not connect: ' . mysql_error());
}
echo 'Connected successfully';
mysql_close($link); ?>

Pastikan untuk mengganti username dan password. Jika berhasil terhubung, maka itu berarti bahwa pengguna Anda memiliki izin yang cukup, dan ada hal lain yang salah. Kembali ke file wp-config Anda untuk memastikan bahwa semua data benar (cek apakah ada typo/kesalahan ketik atau tidak).

Jika Anda tidak dapat terhubung ke database melalui phpMyAdmin, maka bisa jadi ada sesuatu diserver anda. Itu tidak berarti server MySQL Anda sedang down. bisa juga karena user Anda tidak memiliki izin yang memadai. Jika mengalami kendala seperti ini jangan sungkan untuk kontak support hosting web anda. agar menera menemukan error yang terjadi dan segera memperbaikinya.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close