Tips and Triks

Cara Meningkatkan Pageview dan Menurunkan Bounce Rate di WordPress

Bagi seorang blogger pemula, menarik visitor untuk mengunjungi web/blog itu merupakan sebuah hal yang sangat sulit, Akan tetapi mempertahankan mereka untuk tetap berada di website anda justru lebih sulit. Sebagian pengunjung website hanya mengunjungi satu halaman website saja dan pergi tanpa mengunjungi halaman lainnya. Dan apabila pengunjung blog/web anda langsung pergi tanpa mengunjungi halaman yang lain di website anda maka hal ini akan meningkatkan bounce rate serta menurunkan pageviews blog anda. Dalam postingan kali ini kami ingin menyampaikan beberapa cara untuk meningkatkan pageviews dan menurunkan bounce rate blog anda yang deadislandfans kutip dari wpbeginner.

Bounce rate (Rasio Pentalan) adalah persentase pengunjung atau visitor yang kemudian pergi meninggalkan web tanpa membuka halaman lainnya. sedangkan Pageviews adalah permintaan untuk memuat sebuah halaman dalam sebuah website. Anda bisa menggunakan layanan seperti Google Analytic untuk melihat dan menganalisis Pageview dan Bounce rate anda. Sebagian orang mungkin akan bertanya seberapa pentingkah kedua hal tersebut untuk kelangsungan web kita?

Jika kita memonetise web / blog kita dengan ikaln banner maka pageviews sangat penting sedangkan jika kita membangun loyal audience, nilai bounce rate akan sangat berpengaruh. Juga semakin rendah bounce rate Anda, semakin baik CPS (cost per million/ atau biaya perseribu ) atau CPC(cost per click) yang akan Anda dapatkan. Ketika pengguna yang sama melihat halaman berikutnya, penyedia iklan Anda kemungkinan besar memiliki iklan yang lebih baik untuk melayani mereka sehingga memberi kita CPM atau CPC lebih tinggi.

Berikut ini beberapa hal yang disampaikan oleh WpBeginner untuk meningkatkan pageviews dan menurunkan bounce rate web/blog kita. Saran ini hanya berlaku untuk web dengan konten yang baik.

Interlink Pos Konten
Usahakan untuk selalu membuat internal linking disetiap pos konten anda, dengan menerapkan internal linking akan membantu meningkatkan pageviews halaman website anda. Internal linking akan sangat bagus jika web anda memiliki banyak artikel. Namun jika web yang kita buat masih memiliki sedikit artikel maka internal linking yang kita buat tentunya juga terbatas. Saat ini kita bisa dengan mudah untuk membuat internal linking secara otomatis dengan bantuan plugin. Selain membantu meningkatkan pageviews, internal linking juga dapat membantu SEO web anda menjadi lebih baik.

Tampilkan Related post pada setiap post artikel
Salah satu hal yang membuat visitor langsung meninggalkan halaman web kita tanpa membuka halaman lain adalah karena kita tidak menampilkan artikel lain di dalam web kita. Dengan menampilkan related post kita dapat menunjukkan artikel yang berkaitan dengan artikel yang sudah dibaca oleh visitor. Untuk menampilkan related post di setiap artikel yang kita buat bisa dilakukan dengan beberapa cara, baik itu dengan menambahkan code function di dalam theme yang kita gunakan atau dengan menggunakan plugin. Kita bisa memilih apakah akan menampilkan post terkait berdasarkan kategori atau berdasarkan tags.

Tampilkan Excerpt di Homepage dan archive.
Menampilkan Excerpt atau kutipan di homepage dan archive memiliki dua keuntungan, yang pertama adalah mempercepat loading. Dengan menampilkan exceprt atau kutipan akan menjadikan loading web kita lebih cepat dibandingkan kita menampilkan seluruh artikel di homepage dan archive. Dan yang kedua tentunya dapat meningkatkan pageviews web kita. Caranya cukup dengan menambahkan tags <!–nextpage–> pada baris artikel yang ingin anda pisahkan.

Memisahkan Tulisan Panjang
Jika anda sering melihat portal berita online mungkin anda sering menemukan sebuah postingan yang terbagi menjadi beberapa halaman. Hal itulah yang mereka pakai untuk memisahkan tulisan yang terlaju panjang serta untuk mendongkrak pageviews website mereka. Akan tetapi jangan lupa untuk selalu memperhatikan apakah tulisan anda memang cukup untuk dipisah menjadi beberapa halaman, karena jika isi artikel tiap halaman terlalu pendek salah salah justru akan membuat visitor anda merasa kesal.

Sidebar yang Interaktif
Sidebar anda dapat memiliki peran penting dalam meningkatkan tampilan halaman dan mengurangi bounce rate. Anda dapat menampilkan posting populer Anda di sidebar. Bahkan anda dapat menyesuaikannya untuk menampilkan postingan populer berdasarkan minggu, bulan, atau sepanjang waktu. Anda juga dapat menampilkan posting terbaru pada sidebar single post anda. Kita bisa mengintegrasikan halaman lain diwebsite kita, misalnya dengan menampilkan coupon atau gallery di sidebar.

Nah itulah beberapa ide yang bisa kita aplikasikan untuk menambah pageviews serta mengurangi bounce rate pada website kita. Jika anda memiliki ide lain atau ingin melengkapi yang sudah ada silahkan tuliskan pada komentar dibawah ya..

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close